• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Berbanggalah, Gamelan Budaya Asli Indonesia Yang Mendunia

 on Jumat, 02 September 2016  

Berbanggalah, Gamelan Budaya Asli Indonesia Yang Mendunia. Alat musik yang satu ini biasanya selalu ada di sebuah pementasaan wayang ataupun pernikahan tradisional. Yup, gamelan- alat musik  “megah” asli indonesia. Bahkan alat musik ini pun mulai dilirik dunia internasional. 

Sebagai warga Indonesia sudah semestinya kita berbangga memiliki warisan budaya yang diakui sampai dunia. Kenapa alat ini boleh dibilang “megah”? Karena dalam memainkannya harus dilakukan secara orkestra atau dengan serentak. Alatnya pun beraneka ragam dan bentuk seperti  saron, peking, gong, bonang, slenthem , kenong , kendang dan lainnya. Alat musik gamelan  biasanya banyak yang dimainkan dengan cara dipukul. Selain itu alat musik ini ternyata dibuat secara manual menggunakan tangan. Hebatnya lagi dalam mengatur nada terkadang cukup dengan menggunakan perasaan pembuatnya. Menurut wikipedia, kata Gamelan berasal dari bahasa Jawa yaitu game yang berarti memukul/menabuh dan diikuti akhiran an yang menjadikan kata benda. Orkes gamelan ini kebanyakan ada di pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Jika dibandingkan dengan perkembangan musik barat dan timur ; musik barat cenderung mempunyai nada stabil, frekuensi teratur dan amplitudo yang tetap. Sebaliknya gamelan lebih menggunakan nada secara bebas dalam hal resonansi, warna nada dan amplitudo atau frekuensinya. 

Walaupun dalam memainkan gamelan sering menggunakan nada yang diulang-ulang dan membuat  kesan kantuk. Namun , musisi di belahan dunia mulai mengakui dan menerima alat musik gamelan lho. Seperti komponis Perancis  Claude Achille Debussy, musisi Hungaria Bella Bartok, musisi US Colin Mc Phee, musisi Tamagawa Backet Wheeler. Selain menjadi media hiburan, ternyata gamelan memiliki manfaat lain loh. Mau tahu?? Yuk baca dengan seksama tulisan ini ya. Berikut adalah hal-hal menarik tentang gamelan yang harus kalian tahu , biar makin bangga jadi indonesia. Atasi Candu Narkoba dengan Alunan Gamelan Di negeri kita sendiri, gamelan ternyata sudah dimanfaatkan sebagai media terapi lho. 
Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar Bali menjalani terapi kesenian gamelan tek-tekan dan tari kecak khas Bali. Dan selama terapi ini mereka menggunakan seragam khusus yaitu baju kuning dan sarung bermotif kotak-kotak. Musik Gamelan Untuk Terapi Napi di Inggris belajar memainkan alat musik gamelan Ya, gamelan diyakini dapat menjadi media terapi pun dilakukan di luar negeri. Seperti yang dilansir di sebuah media online bcc.co.uk yang menyatakan bahwa Narapidana di Inggris mendapatkan bantuan terapi dengan belajar dan bermain gamelan. Dan hasilnya cukup mencengangkan yaitu 75 persen peserta menyebutkan bahwa belajar gamelan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka. Bisa jadi memang benar karena dalam bermain gamelan kita memang diajarkan untuk tidak egois dalam memainkannya dan percaya dengan nada yang kita hasilkan tidak akan mengubah harmonisnya suara. Selain itupun , belajar gamelan berati mendengar yang lain sehingga lahirlah musik yang benar-benar enak di dengar.

Gamelan Untuk Skizofrenia Meksiko Adalah Instituto Nacional de Psiquiatria Ramon de la Fuente . Berada dibawah Kementerian kesehatan Meksiko yang merupakan  pusat rehabilitasi psikologi terbesar dan terkemuka di Meksiko yang telah melakukan Lokakarya tentang pemanfaatan gamelan dan kemudian ditutup dengan pegelaran  gamelan oleh penderita Skizofrenia. Seperti kita tahu skizofrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan gangguan berpikir dan emosi. Alunan Gamelan Terdengar Sampai Amerika Waktu menemukan berita ini di kompas.com, rasa bangga dan miris rasanya bercampur. Bangga karena budaya kita ternyata mendapatkan apresiasi yang luar biasa di Amerika dan mirisnya kenapa di negeri kita sendiri tidak seheboh ini? Menurut kompas.com, kelompok pemain gamelan tersebar di 45 dari 50 negara bagian di AS. Sekitar 400 komunitas gamelan di AS terutama berbasis di perguruan tinggi. Dari 400 komunitas gamelan tersebut, 127 komunitas aktif berlatih dan menggelar pementasan. Di Indoensia, apa kabarnya? Gamelan Jadi Kurikulum di Negara New Zealand Sebuah sekolah musik di New Zealand yaitu New Zealand School of Music (NZSM) menjadikan gamelan sebagai kurikulum. 
 Berawal dari kesepakatan antara Kedutaan  Besar Republik Indonesia (KBRI) dengan NZSM pada 1975. Lalu KBRI memberikan seperangkat gamelan pelog kepada NZSM. Pelajaran tersebut dinamakan Special Gamelan Indonesia. Mahasiswanya harus bisa memainkan 3 gending gamelan dengan teknik yang baik. Selain itu mereka juga harus mempelajari sejarah dan perkembangan gamelan. Di sekolahmu ada enggak? *** Pengalaman dengan gamelan Saya sendiri mencoba memainkan alat musik gamelan ini semenjak sekolah menengah pertama, karena kebetulan menjadi pelajaran yang harus diikuti. Nah, sewaktu itu masih ingat sekali memegang alat “peking” dimana alat musik ini hampir mirip saron namun lebih kecil dan memiliki suara yang melengking. Cara memainkannyapun perlu dua kali pukulan tiap nadanya dan kalau salah paling terlihat karena suaranya yang nyaring. Memainkan saron-pun pernah tapi ternyata tak cukup mudah. Karena setelah memukul lempengan kita perlu memegang kembali lempengan itu agar tidak menimbulkan suara dengung. hehe Megang gong pun pernah, tapi juga ternyata tidak mudah, soalnya tidak boleh sampai telat mukulnya. Suara yang dihasilkan gong-kan juga cukup nyaring dan paling terdengar. Goooooonggggg...!! hihii Pengalaman yang mengagumkan adalah menari dengan menggunakan gamelan langsung. Rasanya seperti ada yang membuat merinding , merinding hatinya loh. Menyamakan gerakan dengan alunan musik adalah sesuatu hal yang menyenangkan dalam menari. Semoga saja, besok kalau menikah bisa menggunakan instrumen ini , ah syahdu #malahcurhat:") Oya, setelah ditelusuri, ternyata harga seperangkat gamelan perunggu slendro pelog sekitar 275 juta. Semoga suatu saat bisa ke beli deh, buat sanggaar ^_^ aminn atau  yuk ada yang mau beliin atau patungan? hehee :D Kalau Kalian sendiri gimana? sudah pernah memainkan gamelan belum? Apa yang kalian mainkan?Jangan sampai ketinggalan sama orang luar yang bela-belain belajar budaya kita, karena ternyata manfaat dibaliknya pun ada. Gamelan adalah musik dari hati Salam budaya 
Berbanggalah, Gamelan Budaya Asli Indonesia Yang Mendunia.

Berbanggalah, Gamelan Budaya Asli Indonesia Yang Mendunia 4.5 5 Bang Ju Jumat, 02 September 2016 Berbanggalah, Gamelan Budaya Asli Indonesia Yang Mendunia. Alat musik yang satu ini biasanya selalu ada di sebuah pementasaan wayang ataupu...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme